7 Taman Bermain Asyik dan Keren yang Dapat Dinikmati di Singapura Tanpa Biaya

Maret 09, 2021

 Singapura merupakan salah satu negara maju di Asia Tenggara yang identik dengan kota besar, perkembangan teknologi yang pesat, juga surga bagi turis yang suka berbelanja. Namun, tahukah Anda bahwa sesungguhnya Singapura juga menyimpan banyak tempat keren dan mengasyikkan untuk anak-anak yang bisa dinikmati tanpa biaya? 
Sebagai Ibu dari dua anak kecil yang sedang memasuki masa-masa eksplorasi yang luar biasa, simak yuk, tempat mana yang biasa kami kunjungi.

Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

1. Bishan - Ang Mo Kio Park

Lokasinya ada di tengah-tengah antara Bishan dan Ang Mo Kio MRT. Taman ini dilalui juga oleh bis nomer 262 dari MRT Ang Mo Kio. Taman ini sesungguhnya adalah taman besar untuk berolahraga (bisa bersepeda atau jogging bersama keluarga). Menariknya, ada satu sudut yang didedikasikan untuk anak-anak, lengkap dari area bermain pasir, ayunan, marry goes-around, juga bermain prosotan. Kebutuhan orang dewasa terpenuhi, demikian juga anak-anak. Oya, ada juga sungai yang membelah taman ini, sehingga bisa dilalui oleh siapapun yang suka berkecipak-kecipuk di dalam air.


Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

2. Jacob Ballas Children’s Garden 

Nah kalau taman ini, tidak diragukan lagi keunikannya, anak-anak pasti betah bermain disini. Taman yang didedikasikan untuk anak-anak ini merupakan taman terbesar di Asia Tenggara yang mengusung konsep dekat dengan alam. Selain memang menyediakan banyak permainan dari usia 0-12 tahun seperti permainan sensori, mengasah motorik kasar dan halus anak, dan flying fox, juga tersembunyi banyak pengetahuan tentang tanaman dan ekosistem.


Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura


3. Admiralty Park 

Taman ini merupakan salah satu taman bermain terbesar di Singapura. Yang unik, ada dua area besar yang dibedakan berdasarkan usia anak-anak. Pertama adalah Junior Playground untuk anak-anak dibawah lima tahun, seperti ayunan, area bermain pasir, prosotan mini. Yang kedua, area lain yang lebih menantang untuk 5-12 tahun. Harus diperhatikan bahwa supervisi dari orang tua sangat dianjurkan, karena bagaimanapun keselamatan harus mendapatkan prioritas utama. Namun, semua jenis permainannya, seru!

Oya, tidak lupa di sekeliling taman bermain banyak gazebo-gazebo mini untuk para keluarga berkumpul dan bersilaturahmi.


Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

3. Far East Organisation Children's Garden di Gardens By The Bay 

Nah, kalau taman ini letaknya di pusat kota, dan merupakan salah satu hotspot turis lokal maupun asing. Selain area waterplay-nya yang cukup luas, area taman bermainnya pun menarik. Konsep berpetualang di alam ditata dengan sedemikian rupa sehingga anak-anak serasa masuk ke hutan dan menjelajah dengan riang.

 

Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

 5. Jurong Lake Garden 

Kalau Anda ingin menghabiskan waktu seharian bersama anak-anak, Jurong Lake Garden bisa menjadi pilihan. Dari laut buatan, lengkap dengan pasirnya seolah-olah sedang berada di pantai, hingga taman bermain bernuansa alam karena material yang digunakan adalah dari kayu dan tali tambang. Walau tidak terlalu dekat dengan kota, namun perjalanan yang Anda tempuh akan terbayar dengan seluruh jenis permainan yang ada.

 

Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

 6. Jelutung Harbour Park

Lokasi playground ini ada di bagian pinggiran Singapura. Sedikit ke utara dan agak “kampung” kalau orang bilang. Namun, suasana sejuknya membuat anak-anak betah bermain air dan bersenda gurau dengan gembira. Walaupun terletak di lokasi perumahan, tetap tersedia tempat mandi untuk umum dan tempat mengisi ulang air botol kita yang kosong. Mudah dijangkau dengan transport umum sehingga memudahkan perjalanan bagi siapa saja.


 Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

7. Marsiling Park

Kalau Anda hanya ingin berjalan-jalan dan menghirup udara segar di daerah utara Singapura, maka Marsiling Park bisa menjadi pilihan. Tidak terlalu ramai, menyejukkan, lengkap dengan playground yang unik, dan buat saya, ada  bonusnya, yaitu tempat makanan halal di taman ini.


Taman Bermain Asyik dan Gratis di Singapura

 

Demikianlah beberapa tempat bermain anak dan keluarga yang patut dicoba. Saya tidak bisa menyangkal selain gratis, taman-taman selalu nampak bersih. Yes, budaya membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan pun terlihat jelas di tujuan wisata tak berbayar ini. Sekedar informasi, di masa pandemi ini, peringatan menggunakan masker tetap ada di mana-mana, sekalipun di tempat seluas ini. Tidak boleh berkumpul dalam kelompok dengan jumlah anggota yang banyak. (Maksimal 8 orang). Dan jangan lupa, tetap jaga jarak antara satu dengan yang lain, demi keamanan bersama.

Stay Happy and Healthy, everyone!

 

 


You Might Also Like

0 komentar